belajarbiokimiaKajian definisi biokimia akan kami coba jelaskan secara umum nan sederhana melalui artikel berjudul D-Biokimia (Definisi Biokimia) ini.

Ilmu biokimia berkembang pesat sebagai bagian dari pondasi ilmu sains. Biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur, organisasi dan fungsi materi hidup dalam bentuk molekular. Biokimia sebagai ilmu kimia digunakan sebagai model dalam memahami elemen kimia materi hidup, struktur biomolekul (asam amino, gula, lipid, nukleotida, vitamin, hormon) serta stoikiometri dan mekanisme reaksi kimia yang berlangsung dalam sel hidup. Terdapat tiga inti pokok yang membedakan antara ilmu kimia dan biokimia. Secara umum, ilmu kimia terdiri atas kajian energi, struktur dan dinamika yang terjadi pada suatu materi/zat maupun yang terjadi pada saat berlangsungnya reaksi kimia. Di sisi lain, biokimia sebagai bagian dari ilmu kimia terdiri atas kajian energi dan metabolisme, fungsi struktur dan aliran informasi genetik makhluk hidup.

Biokimia juga memiliki peran strategis dan penting dalam menjelaskan bagaimana struktur kimia komponen hidup serta interaksinya membentuk struktur supramolekuler, sel, jaringan multiseluler hingga organisme. Selain itu, dalam ilmu biokimia juga dipelajari bagaimana makhluk hidup mengekstrak energi dari lingkungan untuk mempertahankan kehidupan, bagaimana proses penyimpanan dan transmisi informasi untuk pertumbuhan dan replikasi, bagaimana perubahan kimia selama proses reproduksi, penuaan, kematian sel/organisme serta bagaimana kontrol reaksi-reaksi kimia dalam sel. Area utama biokimia terbagi menjadi 3 bagian, yaitu: struktur kimia biomolekul, metabolisme dan genetika molekular. Selanjutnya, biokimia sebagai bagian dari ilmu sains akan ditemukan pula pada berbagai lintas kajian disiplin ilmu keahlian, antara lain: kimia (sebagai mother of science), biologi struktural, mikrobiologi dan imunologi, patologi, neurobiology, farmakologi molekular, fisiologi selular dan molecular, genetika dan ilmu sains biologi.

Sumber Pustaka:

Bahan Ajar Mata Kuliah Biokimia I (2008) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura (Pontianak) / Dosen: Puji Ardiningsih, S.Si, M.Si

Written by: Ridho Brilliantoro

© copyright 2013. All Rights Reserved.

Leave a comment