Sarapan Sehat, Belajar Hebat

POLA MAKAN SEHAT_Tubuh manusia memerlukan nutrisi untuk menjalankan fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan serta pemeliharaan kesehatan. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari asupan bahan pangan yang mengandung komposisi tertentu, seperti: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral maupun. Hal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi dasar tubuh yang dikenal sebagai Recommended Daily Allowance (RDA). Seiring perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan, pemenuhan nutrisi tubuh tidak lagi disarankan mengacu pada RDA. Hal ini disebabkan karena RDA belum cukup untuk menjaga fungsi optimal tubuh dan mencegah atau membantu penanganan penyakit kronis. Bukti-bukti medis menunjukkan bahwa penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis adalah stres oksidatif, sebagai akibat dari berlebihnya radikal bebas di dalam tubuh. Konsumsi nutrisi dalam tingkat optimal, atau yang dikenal dengan istilah Optimal Daily Allowance (ODA), terbukti dapat mencegah dan menangani stres oksidatif sehingga membantu pencegahan penyakit kronis.

Pemenuhan nutrisi tubuh dalam tingkat optimal ini dapat dicapai apabila jumlah dan komposisi nutrisi dikonsumsi secara tepat. Sejak tahun 2010, sebuah model gizi seimbang diperkenalkan di Indonesia. Secara historis, model gizi seimbang ini digagas oleh sekelompok pakar gizi yang bernaung dalam Danone Institute Indonesia (DII), dengan memperkenalkan empat pilar gizi seimbang, yaitu: keanekaragaman/variasi makanan sesuai kebutuhan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal. Empat pilar ini divisualisasikan dalam Tumpeng Gizi Seimbang (TGS). Membangun kebiasaan makan beraneka ragam atau bervariasi sebagai penerapan prinsip gizi seimbang merupakan upaya pemenuhan kebutuhan berbagai zat gizi bagi tubuh. Pola makan bergizi seimbang mengatur secara proporsional keragaman golongan makanan, baik dalam jenis maupun jumlah sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Tumpeng Gizi Seimbang (TGS)

Tumpeng Gizi Seimbang (TGS)

Aktivitas fisik yang berkaitan dengan olahraga, belajar maupun rutinitas sehari-hari merupakan salah satu pilar gizi seimbang. Kondisi fisik yang sehat akan mendukung aktivitas yang optimal pula. Kebiasaan sarapan pagi dengan asupan bahan pangan yang seimbang dan bervariasi akan berdampak baik bagi seseorang dalam menjalankan aktivitasnya. Sarapan pagi sangat berguna untuk mengganti kebutuhan sel akan nutrisi yang hilang setelah istirahat malam. Hal ini berkaitan pula dengan proses metabolisme tubuh. Sarapan pagi yang tergolong sebagai sarapan sehat mengacu pada konsumsi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak merusak organ tubuh lainnya. Sarapan sehat dapat membantu menurunkan berat badan, resiko diabetes, maag, kolesterol, penyakit jantung dan stroke. Menu sarapan tersebut mengandung serat dan protein yang cukup, vitamin dan mineral yang seimbang.

Variasi Nutrisi Sarapan Sehat

Variasi Nutrisi Sarapan Sehat

Sebuah penelitian ilmiah dari Food Research and Action Center (FRAC) tentang aktivitas akademik pelajar menyatakan bahwa kebiasaan sarapan sebelum beraktivitas disekolah merupakan suatu faktor sederhana yang secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan/prestasi akademik pelajar dan kecerdasan psikologis. Hasil penelitian tersebut disimpulkan dari beberapa fakta yang ditemukan FRAC, diantaranya: pelajar yang tidak sarapan pagi akan mengalami kelaparan saat mengikuti pelajaran pada waktu dimana otak berfungsi optimal sehingga akan mengganggu kemampuan pemahamannya, kurang mampu membedakan gambar yang hampir sama, serta memiliki daya ingat dan kemampuan berhitung lebih lambat.

PELAJARHal diatas menunjukkan adanya keterkaitan antara sarapan pagi dan kinerja otak. Saat sarapan pagi, kadar oksigen otak berkisar antara 60-80%. Angka ini adalah yang paling tinggi jika dibandingkan dengan kadar oksigen otak saat makan siang dan makan malam, yakni: 10-20% dan 30-40% secara berturut-turut. Oksigen dalam kadar yang relatif tinggi dapat mengoptimalkan fungsi otak. Oleh karena itu, untuk dapat beraktivitas secara optimal terutama dalam belajar, kebiasaan sarapan pagi dengan pola seimbang, sehat dan bervariasi merupakan strategi sederhana yang dapat dilakukan untuk meraih prestasi akademik terbaik. Ayo, sarapan sehat, belajar hebat, prestasi mantap!

Written by: Ridho Brilliantoro

© copyright 2014. All Rights Reserved.

Advertisements

2 thoughts on “Sarapan Sehat, Belajar Hebat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s